Metode-Metode Memasak

Di bawah ini terdapat beberapa metode memasak yang bisa kamu ketahui, diantaranya adalah
1. Menggoreng, yaitu memasak bahan makanan dengan minyak goreng yang banyak dan panas. Tujuan menggoreng adalah untuk memberi penampilan warna kecokelatan dan rasa gurih. Contoh: menggoreng pisang, tahu, kerupuk dan lain-lain.
2. Menumis, yaitu memasak bahan makanan dengan sedikit minyak dan bisa ditambah sedikit cairan, yang ditumis biasanya sayuran, tahu, tempe, dan lain-lain. Cara memasaknya dengan api besardan dikerjakan secara cepat. Diusahakan masakan ditampilkan dalam keadaan segar tetapi matang.
3. Merebus, yaitu memasak bahan makanan dengan air atau dalam air mendidih. Contoh: merebus telur, singkong, kentang dan sebagainya.
4. Mengukus, yaitu memasak bahan makanan dengan menggunakan uap air yang mendidih. Contoh: mengukus nasi, ubi jalar dan sebagainya.
5. Menyangan/menyangrai, yaitu memasak bahan makan tanpa menggunakan bahan cair yaitu minyak atau air. Contoh: menyangan kacang, jagung, kopi dan sebagainya.
6. memanggang, yaitu memasak bahan makanan di atas bara api dengan menggunakan alat pemanggang. Contoh: memanggang ikan, kue, ayam, dan sebagainya.
7. membakar, yaitu memasak bahan makanan di atas bara api. Contoh: membakar jagung, ayam dan lain-lain.
8. menyembam, yaitu memasak bahan makanan di dalam abu yang panas. Contoh: menyembam kunyit, terasi, ubi dan sebagainya.
9. memepes, yaitu memasak bahan makanan yang telah dirempahi dengan cara dibungkus oleh daun pisang kemudian dikukus atau dibakar. Contoh: pepes ikan, pepes oncom dan sebagainya.
10. mengetim, yaitu memasak bahan makanan (biasanya nasi) di atas uap air mendidih, baik dalam panci tim atau dandang dimasak dengan api sedang. Contoh: mengetim nasi.
11. menyetup, yaitu memasak bahan makanan dengan cara menggorengnya terlebih dahulu dengan minyak sedikit kemudian diberi santan banyak dan ditutup, dibiarkan dalam api kecil. Contoh untuk menyetup sayuran dan daging. Kalau untuk menyetup buah-buahan biasanya buah-buahan yang dipotong-potong direbus dalam sedikit air yang tidak atau dibubuhi gula.

Sumber pengetahuan ini berasal dari buku Tata Boga

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: